7.06.2013

Tips Menjaga Stamina pada Saat Puasa

Kepada umat Islam yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kami dari aghile-pramujito.blogspot.com mengucapkan “Selamat menjalankan ibadah puasa”. Dalam menjalankan ibadah puasa tidak hanya dibutuhkan keimanan akan tetapi juga memerlukan kekuatan fisik yang dalam hal ini adalah kesehatan.
Saat anda menjalankan ibadah puasa, ada kecenderungan menurunnya stamina sehingga perlu untuk selalu menjaga stamina agar bisa optimal dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut ini beberapa tips dalam menjaga stamina saat berpuasa, diantaranya adalah :
1. Selalu sahur sebelum puasa
Usahakan anda untuk selalu sahur terlebih dahulu sebelum berpuasa. Selain hal tersebut sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW, kegiatan sahur akan menjaga stamina anda akan tetap terjaga karena saat sahur anda akan memberikan tubuh anda makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu usahakan juga agar tidak hanya sekedar sahur tanpa memperhatikan aspek makanan dan minuman yang akan anda berikan kepada tubuh anda. Pilih makanan dan minuman yang menyehatkan, segar dan juga memberikan tambahan energi untuk anda. Perbanyak minum air putih saat sahur karena anda akan melakukan puasa selama 12 – 13 jam setiap harinya. Hal ini selain akan menambah stamina juga mencegah tubuh anda dari dehidrasi. Saat sahur anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan yang anda butuhkan sebelum menjalankan ibadah puasa, seperti vitamin dan yang lainnya.

2. Tidur yang cukup selama bulan puasa
Saat bulan puasa sudah bisa dipastikan waktu istirahat tidur anda akan berkurang karena aktifitas ibadah pada saat siang dan malam hari. Selain itu juga saat bulan puasa memang tidak disarankan untuk banyak tidur, akan tetapi juga bukan berarti anda tidak tidur sama sekali. Usahakan untuk cepat istirahat tidur jika memang anda sudah tidak ada lagi aktifitas lain selain ibadah yang akan anda lakukan. Kurangi aktifitas yang tidak ada manfaatnya dan ganti dengan ibadah atau istirahat tidur.
3. Tidak mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka puasa
Kebiasaan masyarakat pada umumnya saat berbuka adalah “balas dendam” dengan mengkonsumsi banyak makanan saat berbuka puasa. Usahakan anda untuk menghindari hal tersebut. Perut anda yang tadinya kosong akan bekerja tidak optimal jika langsung mendapat asupan makanann yang banyak sehingga akan membuat kondisi anda tidak optimal. Selain itu juga akan menganggu aktifitas ibadah anda pada malam hari jika konsumsi makanan saat berbuka puasa berlebihan.
Demikian tips menjaga stamina saat berpuasa semoga bermanfaat untuk anda semua.

Sumber :http://www.informasi-obat.com/tips-menjaga-stamina-saat-berpuasa.html

0 komentar:

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2014 Jejak-Ku Template by Aghile Official Blog and KSEI Filantropi